Tips Memilih dan Membeli Domain Untuk Blog

09.23
Tips Memilih dan Membeli Domain Untuk Blog - Mungkin banyak diantara kita sebagai blogger, ingin membuat blog kita lebih maju dan lebih professional. Iya, salah satu cara nya adalah dengan membuat url blog kita pada pihak ke-3 atau menggunakan domain TLD. Namun banyak di antara kita tidak mengerti cara memilih domain yang tepat untuk blog kita. Sebelum masuk lebih jauh mengenai domain, admin sendiri juga akan menceritakan sedikit mengenai pengalaman admin dalam membeli domain ilegal. Iya gan, ILEGAL karena murah, tidak aman, dan sekali lagi kualitas dari domain pun akan sesuai dengan harganya.

Tips Memilih dan Membeli Domain Untuk Blog

Domain asli atau bawaan dari blogger sendiri termasuk sudah bagus, yaitu blogspot.com. Namun jika agan termasuk orang yang professional dan menginginkan blog agan menjadi lebih bagus dan lebih terlihat berkualitas, maka mengganti domain menjadi TLD adalah salah satu cara yang sangat tepat. Memilih domain yang tepat untuk blog kita tidak semudah apa yang kita kira. Berikut ini pengalaman admin dalam membeli domain.

Dulu, blog advaster sendiri sudah pernah mengganti domain nya menjadi TLD, 2 kali diganti. Pergantian domain yang terus menurus memanglah tidak baik, bukan hanya akan berpengaruh terhadap kelanjutan dari blog tersebut, namun juga akan berpengaruh terhadap traffic pengunjung yang datang. Admin sendiri berganti domain TLD dua kali bukan karena kebanyakan uang, namun karena kualitas domain yang buruk dan seperti tadi yang admin katakan, ilegal. Ilegal disini adalah domain yang dibeli menggunakan kartu kredit/credit card hasil carding. Carding ? apa itu min ? kalau penasaran bisa cek langsung disini mengenai carding.

Lanjut cerita ya, setelah admin berganti domain dari .net ke .com disini juga admin merasa untuk apa mengganti domain pada reseller yang sama kalau akhirnya pasti rusak lagi. Pikiran ini terus terlintas di otak admin sampai akhirnya benar saja, domain yang sudah diganti lagi - lagi rusak. Jadi apa penyebab sebenarnya ??? Jelas tadi yang admin bilang, hanya satu katalah yang paling tepat menjadi penyebab dari kerusakan domain - domain tersebut, Ilegal.

Begitulah sedikit pengalaman dari admin sendiri, jadi admin sangat tidak menyarankan agan membeli domain dari reseller yang menawarkan domain dengan harga murah. Jika agan memang menginginkan domain yang legal dan resmi silahkan belilah pada website resmi juga. Berikut ini daftar website resmi penyedia domain legal.
Jadi bagi yang memang sudah menjadi korban dari reseller ilegal sebaiknya agan harus sudah mengerti mengenai hal tersebut. Sekarang kita lanjut pada tips memilih dan membeli domain untuk blog agan. Domain juga harus disesuaikan dengan konten, tema, serta pengunjung yang datang. Berikut ini hal yang harus diperhatikan.

Domain yang sesuai dengan konten blog.

Kenapa harus sesuai dengan konten ? konten yang dimaksud adalah bahasa dan isi dari posting yang ada. Jika bahasa dari blog agan adalah bahasa inggris maka sangat disarankan agan menggunakan domain TLD seperti .com, .net, .info dan lainnya. Namun jiak blog agan berbahasa indonesia, sangat di sarankan menggunakan domain gTLD yaitu domain indonesia seperti .co.id, .id, .web.id dan lainnya. Kenapa harus seperti itu ?? Hal ini disebabkan agar konten yang ada tidak melenceng dari domain yang dipasang.

Tema dan Tampilan yang ada pada blog.

Blog agan bertemakan Indonesia ? admin sangat menyarankan agan menggunakan domain gTLD asli indonesia. Mengapa ? selain lebih murah dan hanya memerlukan verifikasi melalui KTP, agan juga bisa menyesuaikan dengan tema blog agan. Lebih baik bukan jika domain indonesia ada pada blog berkonten indonesia pula ?
 
Penyesuaian dengan pengunjung blog.

Dalam hal ini, admin sangat menyarankan agan memahami betul tentang pengunjung yang ada pada blog agan. Pengunjung sangatlah penting bagi seorang blogger, tentu juga pengunjunglah yang akan menentukan perkembangan suatu blog di masa depan. Penyesuaian disini adalah lokasi pengunjung, jika pengunjung agan banyak dari Luar Negeri admin sarankan gunakan domain TLD. Namun jika pengunjung blog agan banyak dari Dalam Negeri, silahkan gunakan domain gTLD Indonesia.

Walaupun masih terlihat basic, tips pemilihan domain ini sangatlah penting. Jika agan ingin membeli domain, silahkan perhatikan lagi tips yang tadi sudah admin berikan. Bagi yang masih belum mengerti juga sangat wajib bertanya agar tidak sesat dijalan. Cukup admin saja yang salah jalan, karena pengalaman akan menjadi pedoman bagi kita semua. Terimakasih semoga bermanfaat.

Saya tinggal di Cirebon dan besar di kota udang ini. Tertarik dengan dunia blog tidak membuat saya lupa dengan pendidikan dan agama. Kunci utama saya adalah percaya bahwa apapun yang terjadi, usaha dan doa itu nomor satu.

Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Sesuai Posting
Kami Akan Menghapus Komentar Yang Merugikan Banyak Orang
Menyisipkan Link Aktif Akan Otomatis Terhapus

Terimakasih Sudah Berkomentar EmoticonEmoticon